ANALISA24

Berita Viral Terkini & Terupdate

Food

Hidangan Khas Spanyol Dengan Kelezatan Cita Rasa Khas

Hidangan Khas Spanyol Dengan Kelezatan Cita Rasa Khas
Hidangan Khas Spanyol Dengan Kelezatan Cita Rasa Khas

Hidangan Khas Spanyol Cukup Mendunia Dengan Cita Rasa Khasnya Yang Lezat Sehingga Populer Di Banyak Kalangan. Spanyol memang populer dengan kekayaan budaya dan tradisi serta makanan authentic-nya yang beragam. Untuk kita yang belum pernah berkunjung ke Spanyol, mengenal hidangan khasnya bisa menjadi langkah awal yang seru. Terdapat beraneka jenis santapan Spanyol yang kita temui di banyak restoran Indonesia yang menyediakan menu khas Spanyol.

Dengan mencoba makanan khas Spanyol, kita bisa merasakan rasa yang unik dan tradisi kuliner yang di suguhkan tanpa harus pergi jauh ke negeri asalnya. Kemudian hidangan Spanyol juga terkenal dengan bahan-bahannya yang segar dan metode masak yang bermacam-macam. Hal ini semakin menggambarkan bagaimana kekayaan budaya serta sejarah Spanyol yang panjang.

Beberapa hidangan khas yang sangat terkenal seperti churros, gazpacho, tapas serta paella. Setiap hidangan ini mempunyai keunikan dan cerita tersendiri, mulai dari metode memasaknya sampai bahan yang di manfaatkan. Misalnya seperti paella yang merupakan hidangan nasi yang di olah dengan beragam jenis sayuran, rempah-rempah, serta daging atau seafood. Hidangan ini berasal dari Valencia dan sering tersaji di acara-acara spesial. Kemudian terdapat juga Tapas yang merupakan sajian makanan ringan yang sering di santap dengan minuman. Beragam variasi tapas juga di sediakan, mulai dari olahan sayuran, ikan sampai daging menjadikannya pilihan menari yang menggoda selera. Tak ketinggalan, Churros yang merupakan camilan manis yang di goreng dan di hidangkan dengan saus cokelat sangat populer sebagai dessert maupun camilan.

Menjelajahi makanan khas Spanyol juga bisa menjadi cara yang seru untuk memperluas wawasan mengenai gaya hidup dan kebudayaan masyarakat Spanyol. Kebudayaan dan tradisi Spanyol akan tergambarkan di dalam santapan spesial khas Spanyol. Oleh karena itu, walaupun kita belum sempat berkunjung ke Spanyol, menikmati hidangan khasnya di restoran lokal bisa menjadi alternatif menarik yang dapat di coba.

Hidangan Khas Spanyol Berupa Camilan Manis

Berikut merupakan beberapa Hidangan Khas Spanyol Berupa Camilan Manis yang populer.

1. Churros

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan Churros yang sering menjadi makanan ringan atau camilan di waktu santai. Churros merupakan salah satu makanan khas Spanyol yang sangat terkenal di Indonesia. Kelezatan churros berada pada rasanya yang gurih karena berasal dari taburan bubuk kayu manis dan gula. Churros sebenarnya terbuat dari bahan-bahan yang sangat simple, yakni adonan tepung yang di goreng, kemudian di lapisi dengan gula bubuk kayu manis dan gula. Rasa churros semakin nikmat karena biasanya tersaji dengan saus cokelat sebagai pelengkapnya.

Menurut cerita, churros pertama kali di temukan oleh para penggembala Spanyol yang hidup nomaden. Mereka di ketahui tinggal di pegunungan sehingga tidak mempunyai akses ke toko roti. Churros pun tercipta karena bahan-bahannya simple serta mudah di dapat dan cara pembuatannya juga sederhana. Kemudian Churros juga menjadi jajanan favorit anak-anak.

2. Crema Catalana

Ketika berbicara mengenai hidangan khas dari banyak negara di Eropa, rasanya kurang lengkap jika tidak membicarakan makanan penutup atau dessert. Salah satu dessert terkenal dari Spanyol yakni Crema Catalana yang adalah salah dessert tertua di negara ini. Walaupun tampak seperti puding krim biasanya, crema catalana mempunyai keunikan tersendiri karena memiliki balutan gula yang di bakar di atasnya sehingga memberikan rasa karamel yang renyah dan khas. Bahan-bahan utama untuk membuat crema catalana yakni sedikit kayu manis, lemon serta jeruk. Perpaduan bahan inilah yang akan menghasilkan cita rasa yang aromatik dan segar. Teksturnya yang creamy dan lembut akan di kombinasikan dengan topping gula karamel yang di bakar sehingga membuatnya menjadi dessert yang sangat menggugah selera.

Nasi Dan Roti Yang Mengenyangkan

Selanjutnya merupakan Nasi Dan Roti Yang Mengenyangkan serta lezat dari Spanyol.

1. Paella

Orang Indonesia sangat suka mengonsumsi nasi karena merupakan hidangan pokok di negara tersebut. Namun di Spanyol, ternyata terdapat makanan khas yang mirip dengan nasi kuning yang di sebut Paella. Yang membedakan antara paella dan nasi kuning di Indonesia adalah jenis toppingnya. Paella umumnya tersaji dengan beragam seafood segar seperti kerang, ikan, udang dan cumi yang semakin menambah kelezatannya. Kemudian paella terbuat dari beras khas Spanyol yang di kenal dengan beras bomba. Beras ini bertekstur padat dan ukurannya lebih pendek. Untuk bumbunya, paella terdiri dari kaldu, minyak zaitun, bawnag bombay dan paprika yang akan menciptakan rasa gurih dengan sedikit sentuhan asam dan aroma khas seafood.

Selain itu, paella juga merujuk pada wajan tradisional yang di pakai untuk memasak santapan lezat ini. Wajan tersebut dangkal dan lebar, serta biasa di pakai di atas api terbuka. Nama paella sendiri di ketahui berasal dari kata penggorengan dalam bahasa daerah Valencia di Spanyol. Dengan kombinasi bahan-bahan yang segar dan cara masak tradisional, paella menjadi salah satu hidangan Spanyol yang wajib kita coba.

2. Pan Con Tomate

Hidangan praktis ini terdiri dari tomat, minyak zaitun, gram, bawang putih dan roti yang kemudian akan di panggang dalam oven. Terkadang, santapan ini juga di masukkan tambahan peterseli agar cita rasanya semakin kaya. Karena cita rasanya yang gurih, Pan Con Tomate sering tersaji sebagai menu sarapan oleh masyarakat Spanyol. Seperti namanya, pan con tomate populer karena penggunaan saus tomat dan rotinya. Bahkan sejumlah orang hanya menggosokkan tomat langsung di atas roti, sementara yang lainnya juga memarut tomat dan mencampurnya dengan blender sebelum mengoleskannya ke roti. Kombinasi sederhana inilah yang menciptakan hidangan yang sangat lezat.

Camilan Gurih

Berikutnya merupakan Camilan Gurih khas Spanyol yang memiliki cita rasa authentic.

1. Empanada

Di Spanyol, terdapat hidangan yang mirip dengan pastel, yaitu Empanada. Empanada di buat dari adonan puff pastry atau roti, dengan isian daging sapi yang di beri bumbu rempah-rempah. Proses pemanggangan menjadikan adonan empanada bertekstur renyah, lembut, renyah, serta berwarna golden brown. Kemudian empanada bisa berbentuk persegi panjang maupun bulat, tergantung selera kita. Setelah di panggang, empanada umumnya akan di potong menjadi kotak-kotak kecil dan sering tersaji di toko roti atau sebagai tapas di bar-bar seluruh Spanyol. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih menjadikan empanada sebagai makanan yang sangat di sukai.

2. Patatas Bravas

Patatas Bravas merupakan salah satu jenis tapas yang sangat terkenal di Spanyol. Tapas merupakan camilan atau makanan pembuka yang sering di nikmati saat waktu senggang. Jika kita mengunjungi Spanyol atau restoran Spanyol di Indonesia, patatas bravas merupakan hidangan yang mudah kita temui. Patatas bravas berasal dari daerah Madrid, dengan bahan utamanya adalah kentang. Kentang akan di potong menjadi potongan tidak beraturan dengan ukuran sekitar 2 cm. Lalu kentang akan di goreng sampai garing. Setelah itu, kentang akan di siramkan dengan saus tomat pedas dan di hidangkan dalam keadaan panas. Saus untuk patatas bravas terbuat dari bahan dasar saus tomat, yang kemudian di campurkan dengan cabai dan cuka. Cabai yang di pakai seperti cabai rawit guna memberikan rasa pedas yang khas dan lezat.

Itu dia beberapa Hidangan Khas Spanyol yang dapat kita cicipi saat mengunjungi Spanyol. Rasakan keunikan cita rasa khas Spanyol yang authentic dengan mencicipi Hidangan Khas Spanyol.